Hal Kecil Ini Wajib Kamu Perhatikan Saat Membuat CV

""

Tahukah kamu kalau ada hal-hal kecil namun penting yang bisa mengubah kegagalan jadi kesuksesan, atau sebaliknya. Hal ini bukan saja karena prestasi yang kamu torehkan, namun bisa juga karena ada hal-hal yang tidak kamu perhatikan, padahal hal tersebutlah yang menjadi tolak ukur para manajer personalia untuk menerimamu sebagai pegawai yang kompeten dan sesuai dengan kriteria perusahaan.

Surat Lamaran Panjang.

Ketika kamu melamar, memang diperlukan surat lamaran sebagai formalitas. Namun, percaya atau tidak, kebanyakan perusahaan justru tidak melirik surat lamaran yang panjang. Mereka justru lebih tertarik untuk mengetahui CV-mu. Jadi, sebaiknya prioritaskan saja CV ketimbang surat lamaran!

Alamat Emailnya Alay

Yang sampai saat ini masih menggunakan alamat alay seperti dy4rcut3@yahoo.com atau dedesayangkakabanget@gmail.com, sebaiknya segera membuat email baru yang lebih profesional. Gunakan nama lengkap dengan sedikit singkatan atau sedikit ornamen untuk memperlihatkan profesionalismemu. Misalnya saja, kalau namamu Desi Ratnasari dan tidak ingin menggunakan alamat email yang terlalu panjang, kamu bisa pergunakan alamat email desi.ratna@yahoo.com.

CV-nya Kepanjangan

CV memang merupakan pengalaman serta detail personal yang harus diceritakan kepada pihak perusahaan. Namun, membuat CV yang terlalu panjang akan membuat pihak perusahaan berpikir kalau kamu ingin pamer. Cukup masukkan biodatamu, tempat kamu pernah mengenyam pendidikan, dan pekerjaan yang berhubungan dengan apa yang kamu lamar sekarang. Tidak perlu terlalu banyak memasukkan hal-hal yang tidak penting.

Warna-Warni, yaaay!

CV yang bagus tidak berarti kamu harus membuatnya dengan warna-warna mencolok. Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bidang yang akan kamu jalani. Jika perusahaan ini bergerak di bidang kreatif, tidak masalah kamu membuat CV sekreatif mungkin. Tapi kalau perusahaan tersebut bergerak di bidang yang serius, percaya deh CV warna-warni hanya akan membuat kamu dianggap tidak serius dan tidak kompeten.

Font Tidak Resmi

CV yang padat dan rapi memang bagus. Tapi kalau font yang digunakan terlalu kecil dan tidak resmi, tentu akan sulit bagi pihak perusahaan untuk membacanya. Jadi, gunakan font resmi dengan ukuran standar, ya.

Menganggur Lebih dari 6 Bulan

Kamu pernah menganggur dan tidak bekerja selama lebih dari enam bulan? Hati-hati. Ini bisa jadi ancaman untuk menerima kegagalan saat melamar pekerjaan. Kenapa? Karena pihak perusahaan menganggap waktu tersebut terlalu lama untuk menganggur jika kamu termasuk orang yang berkualitas dan kompeten di bidang yang kamu tekuni.

<DEN>


Editor : Admin CDC
01 March 2018 08:04:10

ABOUT US
VIDEO
GALLERY
FAQ
CONTACT US